Berburu Oleh-Oleh di Gerai  Hanania Pekanbaru

  • Jumat, 08 Januari 2021 - 20:04 WIB


KOTA Pekanbaru tumbuh sebagai kota industri yang sangat maju dan berkembang. Keberadaan moda transportasi yang memudahkan para pelancong masuk ke kota Pekanbaru membuat kota ini ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Mulai dari tempat wisata, panganan khas hingga oleh-oleh uniknya membuat banyak orang menempatkan perhatiannya pada Pekanbaru.

Jika berkunjung ke kota Pekanbaru namun pulang hanya dengan tangan kosong maka akan terkesan sia-sia. Mulai dari bolu kemojo, roti jala, lopek bugi, keripik nenas, lempok durian, kacang pukul, kue bangkit, ikan salai, pastel, kerupuk amplang, dan souvenir seperti batik khas Riau, gantungan kunci dan lainnya bisa dijadikan oleh-oleh untuk pulang ke kampung halaman.


Berbagai gerai oleh-oleh yang dengan mudahnya ditemui di kota Pekanbaru bisa menjadi referensi pelancong untuk berbelanja sebelum pulang ke daerah asal. Salah satunya adalah gerai oleh-oleh Hanania yang terletak di jalan Belimbing nomor 23 B, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.


Berdiri sejak 29 Desember 2018 , gerai oleh-oleh Hanania menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas kota Pekanbaru mulai dari bolu kemojo, bolu pisang, risoles ayam, risoles smoke beef, roti gendang, kacang pukul, aneka jajanan kekinian, aneka keripik dan aneka frozen serta berries yang dibekukan.

Oki Jaya Putra, pemilik gerai oleh-oleh Hanania menjelaskan bahwa nama Hanania diambil dari bahasa Arab yang artinya dikasihi Allah. Untuk produk oleh-oleh yang tersedia di Hanania diisi oleh supplier UMKM yang sudah berizin.

"Untuk risoles kita produksi sendiri, dan untuk yang lain ada diisi sama produsennya yang merupakan usaha UMKM yang Alhamdulillah sudah ada izin P-IRT dan BPOM nya," ucapnya.


Beralih profesi sebagai pegawai perbankan di salah satu perusahaan ternama menjadi pengusaha, tidak membuat pria berusia 38 tahun ini ragu dalam menjalankan usahanya, ia yakin dengan ilmu yang di dapatnya selama bekerja dapat dimanfaatkan.

"10 tahun bekerja dan 2017 memilih resign, memanfaatkan ilmu yang ada untuk mendirikan usaha, dan kenapa gerai oleh-oleh karena Pekanbaru kan merupakan sentral wisata di Sumatera, berbagai wisatawan dari luar daerah pasti selalu mampir, dan lokasi kita juga dekat dengan pusat kota dan beberapa penginapan, jadi bisa delivery," ujarnya.

Harga yang dibandrol di gerai oleh-oleh Hanania juga terjangkau, mulai dari Rp5 ribu hingga Rp50 ribu. Tidak hanya produk makanan dan minuman, gerai oleh-oleh Hanania juga menyediakan produk herbal seperti madu sialang dari Kuantan Singingi dan Siak, Jahe merah dan lainnya.

Produk yang dijual di gerai oleh-oleh Hanania selalu ditukar oleh supplier sebelum masa kadaluarsa nya berlaku, hal ini untuk menciptakan rasa percaya konsumen saat berbelanja.

"Biasanya untuk bolu itu diganti sekali 3 hari, tapi kadang sebelum itu bolunya udah habis, jadi bisa dipastikan untuk produk yang kita jual selalu baru," ungkapnya.

Dibuka mulai pukul 08:00 hingga 21:00, gerai oleh-oleh Hanania selalu diserbu konsumen untuk membeli risoles, pastel mini, dan brownies panggang yang menjadi best seller nya.

Oki berharap kedepannya gerai oleh-oleh Hanania dapat bertambah besar dan banyak di kenal oleh masyarakat Pekanbaru ataupun di luar Pekanbaru.

"Harapannya kedepannya semoga Hanania dapat bertambah besar, dapat merekrut banyak karyawan, dapat berbagi rezeky juga, istilah nya Hanania tidak hanya bisnis, namun juga sebagai wadah berbagi ke sesama," harapnya.

Gerai oleh-oleh Hanania juga tersedia di aplikasi Gojek, dan bisa menerima pesanan melalui kontak WhatsApp yang tersedia di bio instragram @hanania.pekanbaru.

Dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk memberantas virus covid-19, gerai oleh-oleh Hanania menyediakan tempat cuci tangan dan menganjurkan konsumen untuk memakai masker, selain itu juga menyediakan pembayaran non tunai.

"Saat ini kan kita dimasa pandemi, supaya mengantisipasi penyebaran virus melalui uang kertas, kita juga menyediakan pembayaran melalui debit, barcode, mobile banking dan bebas biaya admin, jadi yang di bayar konsumen sesuai dengan harga yang dibeli," pungkas oki.



Baca Juga